Internet, Algoritma dan Kacamata Kuda

 
hii blog, lama banget rasanya gue gak dateng kesini. 9 bulan lamanya ( udah kayak ibu mengandung gak sih ) sejak pandemi Covid-19 berkunjung ke dalam kehidupan kita, sejak itu pula gue belum nyempetin corat-coret di Blog ini. 
lama banget ya !..
Rasanya tu pengen banget nyelem ke dasar laut buat nyari kerang mutiara ?.. ( alay banget sih, padahal di penangkaran banyak ?.. )

Udah ah basa basinya ?. balek ke topik setyawan yak ?..
 
Singkat cerita, di tulisan ini gue pengen bahas algoritma sosmed !..

Bikin ketagihan

Sadar gak sih kalau apa yang loe ketik di internet tu direkam ama semua web !..

Misal nih ya saat ini loe mau ngetik kuliner di google, pasti baru ngetik "ku" aja disitu udah mulai keluar prediksi kalimat yang sering loe ketik. ya kan ?..
Loe perhatiin deh, pasti algoritma internet tu akan ngasih rekomendasi apa loe cari. yap itu memang mempermudah pekerjaan sih.

Konsep algoritma seperti ini tentunya bukan hanya bekerja di sosmed aja. Tapi bahkan di ecommerce juga demikian. misal jika saat ini loe sedang nyari HP di bukalapak/tokopedia, tentu ketika loe ngetik kata HP di kolom pencarian nanti di web tentunya akan nampilin banyak rekomendasi HP. yap emang sih hal ini terlihat sangat membantu. but misal loe kehilangan kontrol dan terlalu senang dengan melihat sesuatu ( misal loe baru seneng liat foto cosplay di Instagram ) ini akan berbahaya jika loe kehilangan kontrol lalu ketagihan. 

effect peling berbahaya adalah loe bisa menjadi over ketagihan sosmed. dan bahkan mungkin sebagian besar waktu loe secara tidak sadar tidak hanya terbuang percuma di depan HP atau laptop, hanya untuk bersosmed ria.

Kacamata kuda

Hmmm gue ngerasa kalau gue hanya baca apa yang pengen gue baca gue hanya akan dikasih rekomendari apa yang gue cari aja. Misal loe baca berita yang nyudutin pihak tertentu ?.. Gimana loe akan bersikap ?..

Ketika loe hanya baca dari satu sudut pandang saja loe mungkin hanya akan disuguhi rekomendasi berita yang dari sudut pandang yang sama. Artinya, selama loe hanya baca dari sudut pandang itu-itu aja lama-kelamaan loe gak akan dapat suguhan konten dari sudut pandang yang lain. Tersetting Kacamata Kuda by Algoritma ?.. loe akan seperti kura-kura didalam kapal.

Dalam kasus yang cukup parah loe mungkin akan susah buat melihat sisi lain dari orang yang bersebarang pendapat dengan loe. Dan itu menurut gue agak bahaya sih. 

Sedikit saran aja sih, bacalah semua informansi yang ada buat nyeimbangi pemikiran loe. Supaya loe bisa melihat setiap permasalahan yang ada dari beberapa sudut pandang. Menurut gue itu penting sih. 

Tidak ada salahnya sih ngebuka wawasan dari apa yang tidak kita sukai. karena dari situ kita tetap bisa belajar hal baru. 


Tidak ada komentar untuk "Internet, Algoritma dan Kacamata Kuda"

Berlangganan via Email