2021

2021-simbahudin.com
Sumber : akseleran.co.id
Akhirnya Desember 2020 telah resmi usai dan hari ini kita telah memasuki awal tahun 2021 gaes !. Tapi berita buruknya adalah kurang lebih selama 9 bulan kita melewati semua lini kehidupan bersamaan dengan Pandemi Covid-19 yang ntah akan sampai kapan akan berakhir. Semoga saja pandemi ini bisa segera selesai. Amien !..

Secara resmi memang mas mentri sudah mengumumkan sih kalau jika sekolah ingin segera tatap muka ya monggo untuk segera menyiapkan semua keperluan yang ada. misal segera membuat kebijakan protokol kesehatan supaya tidak menjadi cluster covid.

ya emang sih semua orang mesti udah bosen banget. secara gitu udah 9 bulanan cuma disuruh WFH doank. and mau klininong-klinong juga dibatesin. kan BT banget gak sih !..

Beralih ke DIGITAL

Jujur aja, 2020 merupakan tahun yang berkesan bagi gue. tahun 2020 adalah tahun dimana gue cukup produktif ngebuat vlog. Yah walau gue rasa vlog gue tu gak jelas banget sih arahnya. But dari yang tidak jelas ini setidaknya gue dapat sesuatu yang sangat ngebantu gue ketika pandemi covid-19 ini.

Covid memaksa semua orang untuk pindah dari kegiatan yang biasanya offline menjadi online. Termasuk dalam dunia pendidikan, gue rasa semua sekolah gak siap menghadapi covid. bahkan di semua lini. but dari sini loe harus tetap berjalan dengan berbagai alternatif dan kekuatan yang ada.

Covid juga yang telah memaksa perusahaan-perusahaan besar sekelas google, microsoft, AWS dll ngebuat hibah untuk pendidikan daring/online. Misal Google dengan Gsuite Edu, Microsoft dengan microsoft365, Amazon dengan AWS cloud dll.

Namun gue ngerasa,tantangan paling berat di era pandemi ini adalah gimana caranya guru bisa ngedidik siswa buat jujur. Dimana ketika offline, sekolah bisa melakukan pengawasan yang ketat. but sekarang semua tergantung gadget, yang bahkan ketika ujian siswa bisa dengan mudah menyontek dengan gadget ganda.

Termasuk dalam lini acara/event semua beralih menjadi online. Webinar, Kelas,Konser semua virtual.

Kolaborasi Online

Pandemi memaksa semua orang untuk belajar cloud computing.

pandemi juga yg memaksa kita buat kolaborasi online.
ya memang !.. gue rasa semua orang berlomba buat kolaborasi online. seperti para youtuber pada saling collab online via zoom atau bahkan para podcaster yg pada collab make audio doank.

gue rasa dengan teknologi, kolaborasi semakin lebih mudah dan pekerjaan akan lebih bisa efisien. Cause dengan cloud computing kolaborasi akan semakin mudah ( tentunya dengan akses internet yg memadai ).

Dengan begitu secara logika pekerjaan akan semakin ringan dan efisien donk !.










2 komentar untuk "2021 "

Joana Zettira mengatakan…
Nah, berarti saatnya untuk aku dan Mang Udin kolaborasi juga nih. Hayuk mang, ditunggu collabnya!
zainudin mengatakan…
hayuk. collab apa nih ?.. kontennya bahas opo ki

Berlangganan via Email