Widget HTML Atas

Pattern Sampah Buat Trending

hii...
Jadi selamat datang di Simbahudin.com. Btw jika loe ngebaca artikel gue yang berjudul Drama KontenKreator | Nak Dionekke asu yo cen asu?.. " loe akan tau pandangan gue tentang trend yang terjadi di social media di indonesia. 

Jujur gue sebenernya gak ingin merilis artikel seperti itu. tapi ya mau gimana lagi, gue udah gatel banget pengen ngritik hal itu. Sebuah budaya di kalangan influencer yang sebenarnya gak patut untuk di jadikan sebagai konten. Bahkan sampai dua kali gue rilis kritikan buat influencer-influencer kontol ini sih. yang dimana gue sangat terinspirasi ama idealismenya ama ErixSoekamti dalam ngebuat karya.


Nah di artikel gue kali ini gue pengen bahas pattern produksi yang biasa digunakan oleh influencer indonesia. 

ATM ( Amati, Tiru and Modifikasi )

Biasanya pattern seperti ini berawal dari konten yang trending di luar negeri. Jujur hampir semua influencer besar make pattern ini. Karena emang simpel sih cara kerjanya. Contoh nyata dari pattern ini adalah masuknya trend Mukbang. Sebenarnya Mukbang sendiri awalnya dibuat oleh orang korea selatan. Karena emang kebudayaan yang ada di korea. Yakni makan bersama-sama sambil mengobrol.Namun, dalam jangka panjang, faktor muatan emosional, seperti rasa kesepian, bisa jadi melatari aktivitas mukbang ini. 

Sebelum trend mukbang sampai ke indonesia, format ini disiarkan dan disaksikan melalui platform Afreecatv.com (Any Free Broadcasting). Dari Korea Selatan, ada BJ (Broadcast Jockey) Park Seo-Yeon dan BJ Fitness FairyYang pada akhirnya Tren ini sampe ke Jepang, Eropa, Amerika, dan Indonesia.

Simbahudin.com - Pattern Trending influencer
Source : Femina
Ini hanyalah sebagian kecil contoh yang mudah loe temuin. unruk yang lain loe bisa bandingin konten jawaban kalian versi eno bening dengan konten lwiay punyanya PewDiePie. trus konten Documentary milik AgungHapsah dengan konten dari CreativeNorth. Dan masih banyak lagi yang loe bisa eksplore dari format konten yang ada. 

Drama / Sensasi / Settingan !..

Simbahudin.com-Drama-Settingan
Sebagai penonton awam loe mungkin gak sadar kalo apa yang terjadi di social media/trending yang loe tonton itu yang settingan. Sama dengan pattern selebritis TV yang bikin Sensasi settingan buat promo album atau karya mereka. 

Ada sebagian dari Kreator besar yang dulunya tengah merangkak menjadi inluencer gede pernah ngelakuin pattern ini. Sebuah Pattern yang sama dengan yang dilakukan selebritis TV. Bikin Drama / Sensasi / Konten Settingan buat Jualan. Kan Asu to ?..

hmmm Sek asu meneh banyak Kontenkreator kecil yang sekarang pada bikin Drama juga. Tapi sebenarnya sapa sih yang paling diuntungkan dengan hal semacam ini ?.. Kalo loe sadar, Kontenkreator kecil yang bikin drama itu nantinya hanya memperkaya influencer besar yang berada di puncak piramid ini. pola yang terjadi adalah 
  1. KontenKreator bikin drama. 
  2. Drama makin gede dan trending
  3. influencer gede bikin reaksi atas drama yang trending tersebut.
  4. enggagement pada naik. terutama enggagement influencer gede yang bikin reaksi atas drama itu. 
Nah dari pola ini tentunya yang paling diuntungkan ya si influencer besar ini donk tentunya. karna secara otomatis sebagian besar traffict tertuju kepada dia. dan meningkatkan harga juga tentunya. see ?.. 

Jadi sebenarnya cara menanggapi drama yang terbaik menurut gue adalah dengan mereport isi konten tersebut. dengan banyaknya laporan ke platform tentunya konten seperti ini akan di take down dari social media. Cmieew bener to !.. Seperti yang terjadi dengan trending kemaren. hmm sudah di take down masih masuk bui wkkkkkk. and Younglek seneng banget wkkkk.

Sejujurnya gue lumayan bersyukur karna sekarang aparat sudah mulai menindak kontenkreator yang suka bikin onar di social media ini. dan sekarang menurut gue tidak semua konten sensasi berujung pada fame and money. ada yang malah berujung ke Bui cuy. jadi ya jika loe emang bener-bener niat buat jadi kontenkreator, maka jadilah kontenkreator yang bertanggungjawab. 

dah segitu dulu buat artikel gue kali ini ?.. See ya bye-bye !.. 






Tidak ada komentar untuk "Pattern Sampah Buat Trending"

Berlangganan via Email