Widget HTML Atas

Flashback : Social Media di Mata anak 90-an

Social Media itu selalu berubah dan berkembang. yah setidaknya itulah yang ada di benak gue. Gue inget banget ketika gue SD itu belum ada yang namanya sosmed. Saat itu adalah massa dimana loe musti ke Wartel untuk telepon kerabat loe yang nun jauh disana. 

Simbahudin.com-Social media.jpg
Sumber : JagatReview
Dimana Handphone masih peke antene and perwujudannya ampir segede HT di jaman ini.

Sebelum itu mungkin ada diantara kalian yang masih ngalamain make pager. 
note : Harga Simcard saat itu justru lebih mahal daripada Handphone. dan loe mesti nyimpen kontak loe di buku telepon yang segede gaban karena saking banyaknya nomor-nomor penting instansi : misal kantor polisi, Rumah sakit dll
Bahkan sampai gue Smp tu di kalangan temen gue tu jarang yang orang tuanya make HP. karna harganya yang masih mahal juga sih dijaman itu.

Lompat ke massa SMA, dimana saat itu mulai era chatting via Email, YM. ( buat yang gak tau Ym adalah Yahoo Masengger ). Dan menulis Diary di blog pribadi adalah sesuatu yang terlihat keren. Jujur gue inget banget waktu itu belum ada  Facebook, bahkan Friendster juga belum ada. Apalagi twitter, hmmm!.

Simbahudin.com-Social media.jpg
Simbahudin.com
Era chating via Email ini berlangsung lumayan lama. Stidaknya sampai gue kelas dua SMA. Dan selain itu dikalangan anak muda saat itu juga masih ada  tradisi titip surat buat gebetan yang ia kejar. Tentunya juga trend nembak cewek pake puisi dalam sebuah surat. makanya dijaman itu setiap Massa orientasi sisa di waktu itu kita diwajibkan untuk ngebuat surat cinta buat kakak kelas osis. dan nantinya akan ada surat cinta terpilih buat dibacakan di depan kelas utnuk dipraktekin buat nembak cewek yang ia tuju dalam surat tersebut. 
Simbahudin.com-Social media.jpg
Simbahudin.com

di kelas satu SMA tu temen-temen gue juga cukup banyak yang make Friendster. Walaupun bisa dikatakan gue adalah anak yang cupu sih waktu itu. dan Facebook lahir ketika gue kelas dua atau kelas tiga gitu. lupa sih gue tepatnya. dan yang pasti di jaman itu adalah jaman rilis pertama Mp3 musik box dan kamus alfalink. Wkkkkk


Jujur di era itu masih kental banget dengan yang namanya blogging dan cukup sering juga kelas blog yang diiklankan di koran pada saat itu. emang sih ada banyak medium buat loe ngeblog di saat itu.Diantaranya ada blogger,wordpress,multiply,myspace dll. Dan kebanyakan mereka yang menjadi influencer adalah orang-orang dari radio atau TV sih pada waktu itu. 

Menurut gue era pertama dari influencer adalah era ketika awal-awal muncul blog. dan selanjutnya munculah facebook dengan fanpagenya. Jadi para blogger bisa ngebuat blog atau komunitasnya ngumpul disitu. lalu setelah itu muncullah Blackbery dengan BBMnya. dimana ada beberapa temen gue yang cukup sering dapet job broadcast BBM karna doi punya kontak BBM yang cukup banyak. 

Terus abis itu ada platform baru yakni twitter Youtube dan Instagram. yang memudahkan orang untuk menjadi influencer di masa kini. karna dengan adanya banyak platform tentunya loe bisa ngebuat linkbuilding antar platform yang loe punya dengan satu Landing Page. 

Terima Kasih buat loe yang mau datang ke blog ini buat sekedar mampir atau emang mau baca tentang pemikiran-pemikiran gue. Thanks..

6 komentar untuk "Flashback : Social Media di Mata anak 90-an"

  1. Cukup menarik sih, yang menariknya lu idup di beberapa fase perubahan, gw yang anak 2000an ga ngerasain ym sama friendster. Udah itu aja si lebihnya udh ngerasain 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gue lahir di tahun 1987. jadi cukup tua juga ya !..

      Hapus
  2. Balasan
    1. siapp bree. loe ngalamin sampe tahap mana nih.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus

Posting Komentar

Silakan Berkomentar dengan Bijak

Berlangganan via Email