Widget HTML Atas

Penulisan Artikel SEO Friendly

Simbahudin.com-Artikel SEO Friendly
simbahudin.com

Penulisan Artikel

Menjadi Penulis Artikel emang terlihat menyenangkan. Meskipun tidak mudah untuk ngebuat Artikel yang SEO Friendly.Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat Artikel yang SEO Friendly.

Nah di Artikel ini gue pengen mengulas apa saja sih yang musti loe perhatiin agar artikel yang loe tulis menjadi lebih Seo Friendly.

Riset Keyword

Kenapa sih Riset Keyword menjadi penting untuk loe lakuin sebelum nulis artikel?.. 
Jawabannya Sederhana, karena orang yang  mencari sesuatu di Google biasanya mengetikkan keyword-keyword tertentu. dan google sendiri hanya bisa mendeteksi kata dalam blog / website, maka penempatan dan pemilihan keyword sangatlah penting. 
hal ini merupakan cara untuk mengoptimalkan Blog loe agar lebih cepat terindeks oleh Google.Yap, bagi loe yang udah lama ngeblog pasti udah tahu hal ini. Google akan mendeteksi setiap keyword yang loe tulis dalam setiap artikel loe. begitulah sistem mesin pencari berjalan. Mesin pencari akan mencari setiap variasi keyword yang lo tancapkan di asetiap artikel atau keterangan gambar atau mungkin di anchor text link dalam artikel.

Kebanyakan artikel yang menempati urutan pertama untuk sebuah keyword tertentu pasti menempatkan keyword yang berulang disetiap elemant artikel tersebut. Oke untuk menulis Artikel yang SEO Friendly mungkin loe perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya : 

  1. Sisipkan Keyword di Judul artikel / Heading artikel dengan tag H1
  2. Menempatkan keyword pada 150 karakter pertama di paragragaf awal.
  3. Lengkapi dengan gambar / Video pendukung yang relevan dengan dengan artikel yang disertai dengan alternative text yang disisipi dengan Keyword.
  4. Jangan lupa untuk menyisipkan keyword anda di bagian penutup artikel.

Jenis-jenis Keyword

Sebenarnya Keyword itu terdiri dari beberapa jenis. Pemilihan Keyword yang tepat tentunya aka sangat ngebantu blog loe naik di keyword tersebut. Untuk blog yang masih sangat muda emang sih sebaiknya jangan ngejar Top Keyword. Karena Top Keyword itu pasti sudah ramai digunakan oleh blog-blog besar. dan juga persaingan orang yang mencari dengan keyword tersebut sangatlah besar. maka pemilihan keyword dengan nilai persaingan yang tidak terlalu ketat akan sangat ngebantu blog loe mendapatkan trafict organik.

Keyword sendiri bisa dibagi menjadi beberapa macam. Antara lain :


  1. Keyword abadi :
    • contoh : Cara membuat artikel seo, Howto create a blog,contoh artikel seo,dll
  2. Long tail Keyword :
    • Contoh : Kartini sebagai icon pergerakan kaum wanita di Indonesia, dll
  3. Short tail Keyword :
    • Contoh : CDN, Digital marketing,Syariah marketing, dll
  4. Keyword Musiman :
    • Contoh : Caleg 2015, Materi ujian nasional 2015, UAN 2017, dll
Jika anda ingin tau lebih dalam mengenai penjelasan dari hal diatas, silakan baca penjelasanya dibawah ini. Contoh menulis artikel seo dapat dilakukan dengan menempatkan keyword-keyword bidikan anda pada :

Heading artikel dengan tag H1 pada contoh artikel Seo 

Judul memang sebaiknya ditulis dengan tag H1. Tag H1 ini berfungsi untuk memberi tahu mesin pencari bahwa dalam artikel tersebut mana yang diprioritaskan terlebih dahulu, serta mana yang harus dinomorduakan. Yach seperti itulah cara sebuah website berkomunikasi dengan mesin pencari. Untuk itu jangan sampai salah memberi tag H1 /H2 pada judul utama serta subjudul artikel anda.

Search engine pada dasarnya akan mengcrawl tag H1 terlebih dahulu. Maka dari itu sebaiknya judul artikel yang anda buat, bisa menggambarkan keseluruhan isi dari artikel anda. Dan itu sebaiknya anda tulis dengan tag H1.

Menempatkan Keyword pada Subheading artikel Seo dengan tag H2.

Subjudul mempunyai peranan penting dalam sebuah artikel. Selain untuk mempermudah pembaca dalam memahami maksud dari artikel anda, ternya ini juga sangat berfungsi untuk mempermudah search engine dalam mengcrawl Blog anda.

Subjudul yang baik adalah subjudul yang dapat menginterprestasikan deskripsi singkat serta isi dari paragraph-paragrafnya.

Menempatkan keyword pada 150 karakter pertama di paragragaf awal artikel Seo

Hal ini harus anda lakukan karena dalam hasil pencarian, yang akan ditampilkan oleh mesin pencari hanyalah 150 karakter pertama sertajudul artikel. Jadi buatlah kata-kata yag dapat mendeskripsikan isi dari artikel anda dalam 150 karakter pertama dalam paragraph pertama. Serta jangan lupa untuk menysisipkan juga keyword bidikan anda didalamnya. Penysusunan  deskripsi yang baik dalam 150 karakter pertama itu akan sangat membantu para pembaca yang mencari sesuatu di mesin pencari.

Lengkapi dengan gambar / Video pendukung yang relevan dengan dengan artikel yang disertai dengan alternative text yang disisipi dengan Keyword

Jangan remehkan Gambar pendukung dalam artikel yang loe buat. Gambar ilustrasi yang menarik dan relevan dengan materi yang loe bahas dalam artikel tentunya akan sangat ngebantu pembaca untuk lebih mudah memahami point yang ingin loe sampaikan.


Akan tetapi jangan pernah melupakan kualitas konten loe. Karena jika Blog loe bisa ngasih buat pembaca loe,maka tak heran jika loe akan punya pembaca setia. Gambar Ilustrasi yang baik adalah gambar yang bisa ngebantu pembaca loe memahami isi artikel yang loe buat.  

Karena search engine itu hanya bisa mengindeks tulisan. Oleh karena itu diperlukan alternetif teks dala sebuah gambar yang loe sajikan dalam artikel. Alternatif teks itu juga akan ditampilkan ketika browser client tidak bisa menampilkan gambar yang loe sisipkan pada artikel  anda
Pengunaan video pendukung artikel juga akan sangat bisa membantu meningkatkan jumlah pengunjung blog anda.
Kenapa bisa begitu?...
Hmm penulis sendiri juga masih mepelajarinya?..

akan tetapi jika kalian cerdas dalam menganalisanya, sebenarnya video itu sendiri sebenarnya lebih mudah dipahami jika dibandingkan dengan naskah atau artikel?...

Dan jika loe kreatif dalam mengemas video di dalam artikel, itu akan memudahkan pembaca loe memahami artikel loe. Bahkan termasuk orang yang tidak mengerti bahasa Loe. Jika hal itu bisa diwujudkan tentunya akan semakin banyak kan visitor  yang datang untuk menjadi pembaca setia loe?..

Dan hal ini tentuya akan semakin meingkatkan popularitas blog anda?..

Jangan lupa untuk menyisipkan keyword anda di bagian penutup artikel.

Untuk meningkatkan kemungkinan Blog anda di mesin pencari maka penempatan keyword memang harus dilakukan pada seluruh tubuh artikel yang anda tulis. Sebagai contoh artikel seo ini, maka tak lupa saya juga menyisipkan keyword contoh artikel seo pada akhir artikel ini.

okey teman-teman, thanks sudah mau mampir ke blog ini ya. Walaupun cuma sekedar mampir bcca Sebentar. thanks!...

Tidak ada komentar untuk "Penulisan Artikel SEO Friendly"

Berlangganan via Email